Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 16 Desember 2018

0 komentar
#EKONOMI#

I. LATAR BELAKANG
Ekonomi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Seiring perkembangan zaman ,tentu kebutuhan terhadap manusia bertambah oleh karena itu ekonomi secara terus-menerus mengalami pertumbuhan dan perubahan. Perubahan yang secara umum terjadi pada perekonomian yang dialami suatu negara seperti inflasi ,pengangguran , kesempatan kerja, hasil produksi,dan sebagainya. Jika hal ini ditangani dengan tepat maka suatu negara mengalami keadaan ekonomi yang stabil, mempengaruhi kesejahteraan kehidupan penduduk yang ada negara tersebut.
 
Lalu bagaimanakah dengan negara kita yaitu Indonesia ? Indonesia dari segi ekonomi merupakan negara yang sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi negara maju . Memiliki penduduk yang termasuk padat tidak mudah memang menghadapi berbagai persoalan ekonomi yang terjadi, tentu pemerintah terus berupaya mencari solusi untuk menstabilkan perekonomian di Indonesia .
Dan tentunya, berdirinya suatu negara tidak luput dari adanya suatu permasalahan, yang mana permasalahan ekonomi di Indonesia belum luput atau usai. Masalah ekonomi merupakan masalah mendasar yang terjadi disemua negara. Oleh karena itu, dalam menyikapi permasalahan ekonomi tiap negara, masing-masing negara menganut sistem ekonomi yang sesuai dengan kondisi dan ideologi negara yang bersangkutan.
Indonesia tidak menganut Sistem ekonomi tradisional, Sistem ekonomi komando, Sistem ekonomi pasar, maupun Sistem ekonomi campuran. Sisten ekonomi yang diterapkan di Indonesia adalah Sistem Ekonomi Pancasila, yang di dalamnya terkandung demokrasi ekonomi maka dikenal juga dengan Sistem Demokrasi Ekonomi. Demokrasi Ekonomi berarti bahwa kegiatan ekonomi dilakukan dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pengawasan pemerintah hasil pemilihan rakyat. 
 
II. Kajian Pustaka 
 
Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kata ‘ekonomi’ berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu ‘oikos’ dan ‘nomos’ yang bermakna pengelolaan rumah tangga. Ekonomi dibahas secara khusus dan mendalam dalam ilmu ekonomi yang mencakup beberapa bidang seperti sosiologi, sejarah, antropologi, dan geografi. Di dalam ilmu ekonomi juga terdapat ilmu terapan seperti perdagangan, distribusi, jual-beli, dan sebagainya.
Menurut Aristoteles, ekonomi adalah sebuah cabang yang dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda yaitu dengan dipakai atau ditukar. Oleh karena itu, ekonomi mempunyai dua nilai utama yaitu nilai penggunaan dan nilai pertukaran.
Adam Smith yang terkenal dengan teori keunggulan mutlak mengemukakan bahwa ekonomi adalah suatu kegiatan berupa penyelidikan dan penelitian tentang kondisi, sebab, maupun asal muasal kekayaan suatu negara.
Hermawan Kartajaya, seorang pakar dibidang pemasaran juga mengemukakan pendapatnya tentang ekonomi. Beliau merupakan seorang dengan gelar Honoris Causa atas keilmuannya di bidang ekonomi dan pemasaran tingkat internasional. Hermawan juga seorang presiden MarkPlus & CO. Menurut Hermawan Kartajaya, ekonomi erat kaitannya dengan industri. Ekonomi inilah yang merupakan tempat melekatnya sektor industri sehingga industri berkembang dan tersebar di dunia.
 
III. Permasalahan ekonomi 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogalv © 2017